Kenapa harus punya jati diri??

Posted on Minggu, Desember 20, 2009 by cybernine | 2 komentar

Jati diri dari kata Jati dan Diri. Saya langsung asosiasikan kata-kata Jati ini pada pohon jati. Pohon yang tumbuh bertahun-tahun dan mempunyai harga yang mahal karena terhitung sebuah pohon langka yang menghasilkan batang yang kuat dan bagus untuk bahan bangunan dan bahan furniture. Tapi kayaknya tidak nyambung ya dengan pengertian Jati Diri itu sendiri.

Jati diri dalam kacamata saya adalah Brand yang melekat pada diri setiap orang. Sehingga jika ada orang yang mempunyai jati diri yang kuat dan menonjol maka orang lain akan dengan gampang mengetahui siapa dia dan punya kelebihan apa dia. Atau dengan kata lain jati diri juga dapat digunakan sebagai pengingat kepada orang lain siapakah sejatinya orang tersebut.
Jati diri bisa berupa hal yang negatif dan bisa juga hal bersifat positif. Sebagai contoh ada seseorang yang mempunyai jati diri negatif adalah orang tidak punya sopan santun kepada orang lain. Biasanya jati diri gini akan dipakai orang lain untuk mem-branding orang tersebut. Misalnya dengan menyebutkan si A yang tidak sopan itu.

Contoh untuk jati diri yang positif ya seperti seseorang yang punya keahlian khusus atau punya kelebihan khusus atau bisa jadi punya karekter yang positif yang lebih menonjol. Misalnya orang yang sopan, ramah, jujur, punya kemauan keras dan lain-lain.

Terus jati diri saya apa ya? Nah, lho. Mengenali diri sendiri tidak gampang. Apalagi kalau mau diungkap kepada orang lain. Bisa-bisa orang lain akan menganggapnya SOK dan SOMBONG. Tapi bagaimanapun jati diri sendiri harus tetap dikenali oleh diri sendiri. Karena jati diri ini sebenarnya menjadi MODAL DASAR setiap pribadi untuk menjadi pribadi tersebut dikemudian hari akan seperti apa.

Berangkat dari jati diri yang sudah dikenali baik yang positif dan negatif akan muncul tantangan baru untuk menambah, mengurang ataupun memperbaharui sehingga jati diri ini juga akan bisa membawa pada sasaran yang ingin di capai

2 komentar:

h4ura mengatakan...

Siip deh... Keren a!!! ^_^
Happy blogging...

cybernine mengatakan...

makasih ya teteh ku.....^_^

Posting Komentar